Indahnya Dieng, Negeri diatas awan

Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta, yakni “Di” yang berarti tempat yang tinggi dan “Hyang” yang mempunyai arti tempat para dewa dewi. Jadi tempat wisata dieng sering disebut juga sebagai tempat persemayaman para dewa dewi. Wisata dieng ini terletak 30 km dari pusat kota Wonosobo, dan berada di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Propinsi jawa tengah. Wisata dieng ini mempunyai pesona alam yang sangat memikat, objek-objek wisatanya

meliputi melihat sunrise di puncak sikunir, uniknya danau telaga warna, wisata sejarah di candi arjuna, indahnya telaga diatas awan di telaga cebong dan sumur jalatunda.

Dataran tinggi Dieng ini terhampar pada ketinggian 2.093 m dpl, sehingga dieng memiliki udara yang begitu sejuk dengan selimut kabut tebal yang menutupinya. Suhu rata-rata di tempat ini adalah 15 – 20 celcius. Di kawasan wisata Dieng ini juga banyak terdapat  candi kuno dan berukuran kecil, kesemuanya terhampar di dataran tinggi gunung api tersebut. Candi-candi tersebut bercorak Hindu dan memiliki arsitektur yang unik dan indah.

Rute / Akses ke BUKIT Sikunir

si kunir dieng

Keindahan panorama pegunungan Dataran Tinggi Dieng sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya Puncak Sikunir yang berada di Desa Sembungan, Dieng, Jawa Tengah. Keindahannya bikin siapa saja jatuh hati. Di Bukit Sikunir Dieng ini adalah spot yang paling bagus untuk menikmati keindahan dieng ini secara keseluruhan.

Desa Sembungan adalah sebuah desa tertinggi  di pulau jawa ini bisa dibilang sebagai basecampnya sikunir. Desa Sembungan merupakan titik start paling familiar yang digunakan para wisatawan untuk memulai pendakian ke Bukit Sikunir Dieng hingga Puncaknya demi mendapatkan pengalaman istimewa menjadi saksi detik-detik pergantian hari dan menyaksikan semburat mentari beranjak dari peraduan menciptakan pemandangan Istimewa serasa di puncak dunia.

Mungkin Anda Tertarik ?  6 Menu Sarapan di Jogja yang Pasti Mampu Membuat Pagimu Jauh Lebih Berenergi Dan Semangat

Jika anda start dari Kawasan Wisata Dieng, maka dibutuhkan waktu sekitar limabelas hingga tigapuluh menitan menggunakan kendaraan (waktu perjalanan sangat dipengaruhi kondisi dan rute jalan yang dilalui ) untuk mencapai desa sembungan ini untuk kemudian dilanjutkan pendakian ke Puncak Sikunir yang kurang lebih memakan waktu setengah Jam.

Jika anda menginap di Desa sembungan, anda bisa langsung melakukan pendakian dari titik start tempat Parkir dekat Telaga Cebong.

UNIKNYA DANAU TELAGA WARNA

telaga warna dieng

Danau di lembah itu sudah biasa, tapi danau di dataran tinggi adalah hal yang unik dan tidak biasa. Telaga Warna merupakan danau vulkanik yang berisi air bercampur dengan belerang, Apabila terkena sinar matahari akan memantulkan sinar warna warni karena kandungan bahan mineralnya. Kabarnya, warna di danau ini dapat berubah menjadi beberapa warna berbeda. Terkadang berwarna biru dan kuning ataupun hijau dan kuning. Sisi keindahan telaga warna dapat dilihat dari beberapa sudut, seperti disebelah barat dekat mushola ataupun diatas tangga menuju Dieng Teater. Beberapa ranting dan pohon yang terlihat menambah keelokan telaga warna, jika cuaca memungkinkan telaga warna memantulkan warnanya seperti variasi pelangi. Telaga Warna adalah salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Wonosobo, yang terletak di dataran tinggi dieng.

Telaga Cebong

telaga cebong

Telaga Cebong ini terletak di desa Sembungan, sebuah desa tertinggi di jawa tengah. Telaga cebong disamping dimanfaatkan untuk pariwisata, juga di manfaatkan masyarakat setempat untuk pengairan lahan pertanian berupa tanaman sayur mayur.

Pada waktu pagi hari disekitar Telaga Cebong masih terdengar suara kokok ayam hutan, yang menandakan terbitnya matahari. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri di obyek wisata Telaga Cebong.

Mungkin Anda Tertarik ?  Wisata ke posong yuukkk

CANDI ARJUNA

Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan salah satu dari beberapa candi di dataran tinggi Dieng. Candi Arjuna ini merupakan candi Hindu peninggalan abad 7-8 Masehi. Selain Candi Arjuna, di komplek yang sama masih terdapat 4 candi lain.

Total terdapat 5 candi yang tersusun dalam dua deret, yaitu deret yang menghadap sebelah timur terdapat Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra sedangkan yang menghadap sebelah barat Candi Arjuna, dan Candi Semar.

Jalatunda, Sumur Purba Raksasa penuh legenda

Sumur Jalatunda terbentuk dari letusan kawah Vulkanis beratus tahun lalu. Sumur Jalatunda memiliki diameter lingkar hingga 90 meter dan kedalaman lebih dari 150 meter. Sumur Jalatunda ini merupakan salah satu Objek Wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng yang terletak di sebelah barat Pegunungan Dieng  yang hingga kini menyisakan sebuah lubang raksasa yang terisi air hujan dan mata air di sekitar sumur tersebut , bisa dikatakan sumur raksasa karena sumur tersebut berdiameter kurang lebih 90 meter dan mempunyai kedalaman ratusan meter , dan Asal usul nama dari sumur tersebut berasal dari cerita pewayangan atau mahabarata yang konon katanya digunakan sebagai tempat Penghubung Dunia dengan Bumi lapis ke tujuh ( Sapta Pratala ) ,
Menurut cerita Masyarakat atau mitos yang berkembang sumur tersebut adalah bekas pijakan kaki sang Bima ( Tokoh pewayangan ) yang saat itu sedang marah lalu Menancapkan kakinya ke tanah sehingga terbentuklah lubang raksasa tersebut yang kini dinamakan oleh masyarakat sekitar dengan nama Sumur Jalatunda , dan tak jauh dari sumur tersebut juga terdapat Objek Wisata Alam yaitu Kawah Candra Dimuka yang menyuguhkan Pemandangan berupa Semburan air panas ( Fumarola ) setinggi 1 meter , dan asal usul nama dari Objek Wisata tersebut juga diambil dari cerita pewayangan mahabarata yang konon katanya tempat tersebut adalah Petirtaan sang Gatotkaca ( Tokoh pewayangan ) yang digunakan untuk Meningkatkan ilmu kesaktianya guna membasmi Kejahatan di muka bumi

Mungkin Anda Tertarik ?  Serunya melihat kebun teh satu-satunya di jogja

Rute Transportasi Ke Wisata Dieng

Cara paling mudah untuk dapat tiba di kawasan wisata Dieng adalah melalui kota Wonosobo, Banjarnegara, atau dari Pekalongan. Jika Anda ingin mengunjungi tempat  ini, Anda dapat memilih beberapa jalur alternatif transportasi di bawah ini yang paling cocok untuk Anda.

a) Jogja – Wisata Dieng
Rutenya yakni  Jogja – Sleman – Tempel – Muntilan – Magelang – Wonosobo – Dieng
Perjalanan kira-kira sejauh 120 km, waktu tempuh 3,5 jam.

b) Magelang – Wisata Dieng
Rutenya yakni Magelang – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
Perjalanan kira-kira sejauh 65 km, waktu tempuh 2 jam.

c) Solo – Wisata Dieng
Rutenya yakni Solo – Kartasura – Boyolali – Ampel – Salatiga – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
Perjalanan kira-kira sejauh 180 km, waktu tempuh 6 jam.

d) Semarang – Wisata Dieng
Rutenya yakniSemarang –  Unggaran – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
Perjalanan kira-kira sejauh 120 km, waktu tempuh 3,5 jam.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Powered by www.wisataliburan.co.id