Pantai Siung, Pantai dengan 250 Jalur Pemanjatan

Pantai Siung ini dinamai demikian karena di pantai ini terdapat karang yang mirip dengan siung wanara. Di pantai siung ini terdapat tebing karang dengan 250 jalur pemanjatan. Selain itu pantai siung ini merupakan salah satu spot yang bagus untuk menikmati panorama pantai.

Untuk sampai ke pantai siung ini belum ada angkutan umum yang akan membawa anda sampai kesana, colt maupun bis dari kota wonosari hanya sampai ke wilayah tepus saja. Sehingga lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke pantai siung ini. Pantai yang terletak di sebelah selatan kecamatan tepus ini berjarak 70 km dari pusat kota jogjakarta

Anda harus menyiapkan stamina yang prima dan kendaraan anda pun harus prima, hal ini dikarenakan banyak tantangan yang harus ditaklukkan untuk bisa menjangkau pantai ini. karena banyak tanjakan, turunan maupun tikungan tajam serta teriknya panas matahari saat anda melalui jalan yang dikelilingi bukit kapur maupun ladang palawija. Jalur Yogya -Wonosari yang berlanjut ke jalur Wonosari – Baron dan selanjutnya Baron -Tepus adalah jalur yang paling mudah diakses dan jalannya pun sudah bagus dengan aspal yang mulus. Sedangkan untuk jalur lainnya yaitu melalui Jalur Yogyakarta – Imogiri – Gunung Kidul, namun jalur tersebut jalannya banyak yang berlubang sehingga tantangan menjadi lebih berat.

Mungkin Anda Tertarik ?  City Tour 1 Wisata Jogja 2D1N

namun tantangan berat selama perjalanan akan terbalaskan dengan keindahan birunya laut dan putihnya pasir yang terjaga kebersihannya sehingga membuat kelegaan dan kedamaian jiwa yang akan mengobati raga yang lelah setelah anda tiba di pantai ini.

Satu hal yang paling menonjol di pantai siung ini adalah keindahan batu karangnya. Batu karang yang menyerupai gigi kera atau dalam bahasa jawa disebut siung wanara ini berlokasi agak menjorok ke lautan sehingga nama pantai siung diambil dari nama batu karang tersebut. Hingga kini batu karang yang berbentuk seperti siung ini masih bisa dinikmati keindahannya. menurut cerita turun temurun masyarakat sekitar pantai siung, bahwa wilayah siung pada masa walisongo merupakan salah satu pusat perdagangan di gunung kidul karena tak jauh dari pantai berdiri sebuah pasar yang berdiam istri abdi dalem kraton Yogyakarta dan Surakarta bernama Nyai Kami dan Nyai Podi
Meski kaya akan beragam jenis ikan, tak banyak warga yang menggantungkan mata pencahariannya sebagai nelayan karena sebagian besar warga siung berprofesi sebagai petani garam. Warga sekitar pantai siung mengandalkan garam sebagai sumber penghidupan yang menjadi barang dagangan utama di pasar winangun. Namun keadaan berangsur sepi ketika pasar winangun ini diboyong ke Jogja, sehingga warga setempat kehilangan mata pencahariannya.
Di saat masa sepi itulah, sekitar tahun 1989 ada grup pecinta alam dari jepang yang memanfaatkan tebing-tebing karang yang ada di sebelah sisi barat pantai siung sebagai arena panjat tebing. Dan kemudian pada dekade 90an di pantai siung ini juga berlangsung kompetisi Asean Climbing Gathering yang memanfaatkan tebing karang pantai siung yang membuat popularitas pantai siung semakin naik sehingga mengangkat perekonomian warga sekitar.

Mungkin Anda Tertarik ?  5 Tips Wisata Murah Di Jogja

Banyak pihak yang sudah memanfaatkan jalur pemanjataan di pantai ini dan sampai sekarang sudah ada sebanyak 250 jalur pemanjatan yang ada di pantai siung ini untuk memfasilitasi para penggemar olah raga panjat tebing.

Selain itu untuk mendukung kegiatan panjat tebing maka dibuatlah ground camp yang berada di sebelah timur pantai. Di Ground camp ini ada sebuah papan peringatan yang menghimbau agar tidak merusak lingkungan dan mengganggu habitat penyu. Anda bisa bermalam di ground camp ini dengan mendirikan tenda dan membuat api unggun untuk melewatkan malam di pantai siung ini.

Anda bisa juga menyewa rumah panggung yang berada tak jauh dari ground camp yang cukup untuk 10- 15 orang sebagai alternatif lain jika anda tidak mau repot-repot mendirikan tenda, sehingga rumah panggung kayu ini bisa dijadikan sebagai basecamp untuk bermalam. Dari rumah panggung ini anda bisa leluasa menikmati keindahan pantai.

Mungkin Anda Tertarik ?  6 Menu Sarapan di Jogja yang Pasti Mampu Membuat Pagimu Jauh Lebih Berenergi Dan Semangat

Apabila anda akan pergi ke Pantai Siung janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke Pantai Siung, Gunungkidul, Yogyakarta.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Powered by www.wisataliburan.co.id