Serunya melihat kebun teh satu-satunya di jogja

Kebun teh Nglinggo ini merupakan satu-satunya kebun teh di jogjakarta yang ada di lereng perbukitan menoreh kabupaten kulonprogo. Anda akan dibawa melewati lereng-lereng berundak yang tertutup hamparan hijau hingga menikmati panorama puncak gunung tinggi menjadi suguhan menawan ketika mengunjungi Kebun Teh Nglingo.

Menurut cerita turun temurun yang dipercaya masyarakat setempat, Desa wisata nglingo ini tidak bisa lepas dari kisah kepahlawanan Pangeran Diponegoro pada saat perang melawan penjajah belanda di perbukitan menoreh. Konon dahulu kala ada tiga prajurit pengikut pangeran Diponegoro yang menyusun strategi tidak jauh dari kawasan Desa Nglinggo.

Ketiga prajurit tersebut adalah Ki Dalem Tanu, Ki Linggo Manik dan Ki Gagak Roban. Untuk Mengenang jasa ketiga prajurit tersebut maka nama Ki Linggo Manik yang dianggap sebagai pemimpin dijadikan nama sebuah desa yang pada saat ini lebih populer disebut Kebun Teh Nglinggo, sebuah kawasan wisata dengan pemandangan alam yang indah di perbukitan menoreh.

Mungkin Anda Tertarik ?  5 Surga Tersembunyi di Yogyakarta Part 1

Jika cuaca sedang cerah maka akan terlihat tumbuhan Camellia sinensis memenuhi teras-teras lereng perbukitan menoreh ini. Sekilas akan nampak seperti undakan yang tertutup permadani hijau. Anda bisa trekking diantara hamparan tanaman teh, mengelilingi kawasan kebun teh sembari menikmati pemandangan alam pegunungan adalah salah satu cara menikmati berwisata di kebun teh ini.

Dari puncak yang berada di sisi barat kawasan ini, kebun teh nglinggo terlihat semakin cantik, meskipun untuk sampai ke puncak di sisi barat tersebut anda harus melewati tanjakan panjang berupa undakan tanah dan bambu yang cukup menguras stamina anda karena undakan tersebut lumayan tinggi.

Selain puncak bukit di sisi barat, masih ada dua puncak lagi di sisi utara yang menyuguhkan pemandangan yang tak kalah bagus. Dua puncak yang ada disebelah utara tersebut merupakan puncak dari gunung kukusan yang secara administratif masuk ke daerah magelang jawa tengah.

Mungkin Anda Tertarik ?  Serunya bermain air di waterpark alami Kedung pedut

Puncak pertama yang lebih rendah dikenal dengan nama puncak Dempok, sedangkan puncak yang satunya dikenal dengan puncak Kendeng. Hampir sama dengan desa nglinggo, puncak Kendeng juga mempunyai sejarah yang berkaitan dengan pangeran Diponegoro. Di puncak Kendeng ini ada sebuah petilasan berwujud batu yang dipercaya warga sebagai makam salah satu kerabat Pangeran Diponegoro yang bernama Pangeran Kendeng, sehingga nama puncaknya dinamakan dengan puncak Kendeng.

Berbeda dengan panorama yang disuguhkan puncak di sisi barat, pemandangan dari Puncak Kendeng dan Puncak Dempok tak menyuguhkan pemandangan kebun teh, melainkan panorama delapan gunung yang terdapat di Jogja dan Jawa Tengah, Gunung seperti Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro serta Prau.

Selain itu, di Puncak Dempok dan Puncak Kendeng juga dikenal sebagai spot favorit bagi para pemburu sunrise. Tak jarang untuk mendapatkan pemandangan cantik berupa cahaya kuning keemasan, para pemburu sunrise ini pun rela bermalam di homestay atau camping di kawasan yang tak jauh dari kebun teh.

Mungkin Anda Tertarik ?  4 Spot Wisata Jogja Kuliner yang Maknyuss

Rute Ke Kebun Teh Nglinggo
Alamat Lokasi tepatnya berada diperbatasan antara Purworejo dan magelang. Sehingga ada beberapa rute atau jalur yang bisa ditempuh tergantung dari mana titik keberangkatannya.

Jika Anda datang dari kota Yogyakarta, maka anda dapat melalui jalan Godean lurus sampai masuk wilayah Kulonprogo hingga mencapai perempatan Kentheng Nanggulan. Dari perempatan ambil kanan (ke utara) susuri jalan hingga perempatan Dekso Kalibawang (ada patung garuda).
Dari perempatan Dekso tersebut belok ke arah barat menuju desa Pagerharjo. Ikuti terus jalannya sekitar 30km jauhnya hingga mencapai pertigaan Plono. Dari situ ambil arah lurus (jalan naik- jika ambil kanan akan sampai suroloyo) hingga akan sampai ke kawasan perkebunan Teh.

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Powered by www.wisataliburan.co.id