Snorkling Seru di Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pesona Pantai Nglambor – Untuk berenang atau snorkling di pantai selatan sepertinya mustahil untuk dilakukan karena ombak laut selatan terkenal dengan ombaknya yang ganas dan berbahaya sehingga seringkali membuat wisatawan yang berkunjung merasa ngeri dan segan untuk berenang di pantai. Ombak besar yang datang berkejaran seolah memberi tanda agar tidak mencebur terlalu jauh ke tengah. Karena dibandingkan dengan dengan pantai di pesisir utara jawa yang lebih tenang ombaknya, jelas pantai-pantai di pesisir selatan ini kurang cocok untuk berenang maupun snorkeling karena ombaknya yang ganas. namun ketika anda berkunjung ke pantai nglambor, aktivitas berenang atau snorkling bisa anda lakukan di pantai ini untuk melihat keindahan panorama bawah lautnya.

Untu sampai ke pantai nglambor ini, anda harus trekking sekitar 15 menit dari tempat parkir kendaraan yang sudah disediakan. Hal ini dilakukan karena medan untuk sampai ke dekat pantai sangat berbahaya dengan jalanan yang curam sehingga lebih disarankan untuk berjalan kaki daripada membawa kendaraan sampai ke dekat pantai.

Mungkin Anda Tertarik ?  4 Kuliner Malam yang Wajib Kamu Icip-icip Saat Berkunjung ke Yogyakarta

Pantai nglambor ini merupakan salah satu spot snorkeling di pantai selatan jogja dengan panorama keindahan dasar laut yang menakjubkan, anda bisa melihat indahnya terumbu karang dan biota laut seperti ikan jenis sergeant major, jambrong serta spesies ikan kecil lainnya sebagai penghuni tetap pantai nglambor ini.

Di kawasan pantai nglambor ini juga merupakan daerah budidaya beberapa jenis ikan dan lokasi konservasi terumbu karang. Oleh karena itu masyarakat sekitar pantai nglambor sangat menjaga pantai ini dengan cara melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai nglambor ini kecuali sekali dalam setahun di luar musim pemijahan. Selain itu tradisi upacara sedekah laut juga masih dilestarikan oleh masyarakat sekitar pantai nglambor ini.

Pantai nglambor ini mempunyai ciri khas yang berupa sepasang “kura-kura raksasa” sebagai penjaga pantai ini dari terjangan ombak ganas dari Laut Pantai Selatan. Dua kura-kura ini biasa disebut dengan “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul” yang menjinakkan ombak-ombak ganas pantai selatan agar tak terlalu keras memukul bibir pantai nglambor ini. Dengan Keberadaan dua karang kura-kura raksasa inilah yang membuat terumbu karang Pantai Nglambor tidak rusak dihempas gelombang, sekaligus aman untuk snorkeling.

Di pantai nglambor ini ada dua tempat persewaan snorkel yakni Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) dan Pokdarwis Nglambor Lestari sehingga wisatawan tidak perlu bersusah payah membawa peralatan dari rumah untuk bersnorkling di pantai ini. Waktu terbaik untuk bersnorkeling adalah pada saat air laut belum pasang namun juga tak terlalu surut.

Mungkin Anda Tertarik ?  Puncak Kosakora, Spot paling ngehits untuk selfie di jogja

Setelah anda selesai berfoto-foto ria bersama ikan-ikan dan terumbu karang, disebelah sisi selatan pantai nan teduh bisa anda gunakan untuk istirahat sejenak sembari menikmati hembusan sepoi angin laut sambil mengeringkan pakaian yang basah. Tidak jauh dari tempat tersebut ada sebuah sumber air tawar yang memancar dari celah batuan kecil-kecil. Fenomena ini berdasarkan peneliti dari ahli klimatologi LIPI terjadi karena adanya lorong karst menyerupai pipa U yang berfungsi sebagai saluran air tanah.

Cara menuju ke pantai nglambor:

dari arah kota Jogjakarta – Jl. Wonosari – Bukit Patuk – Bundaran Siyono – Kota Wonosari – ke arah Pantai Siung – TPR Pantai Siung – sekitar 2 km dari TPR, belok kanan – ikuti petunjuk arah menuju Pantai Nglambor – Pantai Nglambor

Mungkin Anda Tertarik ?  Serunya melihat kebun teh satu-satunya di jogja

Apabila anda akan pergi ke Pantai Nglambor janganlah bingung, kami melayani sewa mobil jogja dan juga paket wisata jogja yang murah untuk pergi ke Pantai Nglambor, Gunungkidul, Yogyakarta.

sumber gambar : http://visitingjogja.com

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Powered by www.wisataliburan.co.id