Wisata Jogja Terbaru : Jembatan Api-Api di Hutan Mangrove Kulon Progo

hutan mangrove kulon progo

Lokasi Hutan Mangrove ini berada di daerah Pasir Mendit, Kabupaten Kulon Progo DIY. Untuk masuk ke kawasan wisata hutan mangrove kulon progo ini berada di Jalan Daendels, sebelah barat jembatan congot. Karena itu banyak orang sering menyebutnya juga Hutan Mangrove Pantai Congot.

jembatan api api hutan mangrove

Hutan Mangrove Kulon progo ini berdiri kokoh sepanjang muara sungai bogowonto ke arah barat. Menurut info yang sumbernya dari bapak penjaga loket, orang yang pertama kali menanam mangrove di kawasan ini adalah orang dari Aceh. Beliau menanam mangrove disini yang tujuan awalnya sebagai objek penelitian S2 di UGM, namun lama kelamaan tumbuhan mangrove tersebut kemudian berkembang menjadi hutan mangrove yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya abrasi pantai dan oleh masyarakat setempat kemudian dijadikan objek wisata baru di jogja.

Mungkin Anda Tertarik ?  Sensasi Foto Terbalik, Cobain deh Upside Down World Jogja

perahu-hutan-mangrove tempat-selfie-hutan-mangrove

Karena melihat potensi yang ada bahwa hutan mangrove kulon progo ini bisa dijadikan wisata alternatif yang menarik, masyarakat setempat kemudian secara swadaya mengembangkan kawasan hutan mangrove ini dengan membuat beberapa kelompok yang biasa disebut pokdarwis. Saat ini sudah ada 4 pokdarwis di area hutan mangrove ini yang terbagi dalam 4 spot objek wisata, spot-spot menarik di kawasan hutan mangrove kulon progo ini diantaranya yaitu Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit, Maju Lestari dan Yang paling terkenal karena foto-fotonya yang banyak dishare di media sosial yakni Jembatan Api-api hutan mangrove kulon progo.

Dinamakan jembatan api-api bukan berarti di jembatan ini ada apinya lho ya, ternyata dinamakan jembatan api-api karena merujuk dari mangrove yang ditanam merupakan jenis api-api, cek di sini untuk lebih detail.

Mungkin Anda Tertarik ?  Pantai Siung, Pantai dengan 250 Jalur Pemanjatan

Untuk tiket masuk ke Jembatan Api-Api Kawasan Hutan Mangrove Kulon Progo ini sebesar 4 ribu per orangnya serta ditambah biaya parkir untuk motor 2 ribu sedang untuk mobil sebesar 5 ribu rupiah. Setelah membayar tiket masuk anda akan melewati jalan kecil diantara tambak udang, untuk berjalan mengelilingi area hutan mangrove, oleh pengelola sudah disediakan fasilitas berupa jembatan dari bambu yang di beberapa spot terdapat area untuk berfoto selfie. Pengunjung wisata hutan mangrove ini kebanyakan adalah anak muda yang memang doyan selfie sehingga foto-fotonya banyak yang bertebaran di media sosial, cek aja di instagram dengan tagar #jembatanapiapi.

Selain berjalan mengelilingi hutan mangrove, anda juga bisa menikmati mengelilingi hutan mangrove kulon progo ini dengan perahu. Biaya untuk naik perahu sebesar 5 ribu per orangnya, murah bingit kan. Dari perahu anda bisa melihat pemandangan hutan mangrove dari ujung ke ujung.

Mungkin Anda Tertarik ?  6 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Setelah puas berkeliling di area hutan mangrove pasir mendit ini, anda bisa berjalan menuju pantai selatan yang terkenal dengan ombak ganasnya, jadi tidak disarankan untuk bermain air di pantai ini yak. Untuk mengobati kekecewaan karena tidak bisa bermain air, di tempat ini disediakan spot untuk berfoto yakni berupa ayunan dengan latar belakang ombak pantai selatan, keren kan.

 

Share ke sobat kamu yang kurang piknik :)

Powered by www.wisataliburan.co.id